Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi matematis siswa relatif masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran AIR. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Mengetahui self-awareness siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Mengetahui korelasi positif antara self-awareness siswa dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR; 4) Mengetahui korelasi positif antara self-awareness siswa dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Sampel penelitiannya siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-awareness. Analisis data melalui program software IBM SPSS 20.0 for Windows dan software Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; 2) Self-awareness siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi positif antara self-awareness dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR; 4) Tidak terdapat korelasi positif antara self-awareness dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu model pembelajaran AIR dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif. Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Auditory, Intellectually and Repetition (AIR), Self-Awareness.