Daftar Isi:
  • Pengaruh Media Audiovisual Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Mata Pelajaran Bank Umum Dan Bank Perkreditan Rakyat Kelas X AK 1 Di SMK Negeri 3 Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan media audiovisual berbasis lembar kerja peserta didik (pre-test), (ii) Hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan media audiovisual berbasis lembar kerja peserta didik (post test) (iii) Perbedaan hasil belajar siswa dengan perlakuan media audiovisual berbasis lembar kerja peserta didik pada pengukuran awal (pre-test) dan setelah pengukuran akhir (post test), (iv) Besarnya pengaruh hasil belajar siswa setelah penggunaan media audiovisual. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 3 Bandung yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa. Tes yang digunakan adalah tes tipe pilihan ganda (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 24.0 for windows. Berdasarkan data hasil nilai rata-rata pretest dan posttest diketahui N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori average. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media audiovisual. Pembelajaran menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X AK 1 sebesar 23,6% dengan interpretasi cukup. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media Audiovisual