Daftar Isi:
  • Mempelajari matematika berkaitan dengan mempelajari ide-ide atau konsep-konsep yang bersifat abstrak yang membutuhkan penalaran matematis. Demikian pula, self-concept peserta didik haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri peserta didik, karena melihat pentingnya peranannya dalam pembelajaran matematika. Dalam hal ini, kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik masih tergolong rendah maka diperlukan perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan salah satunya model Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui apakah self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 6 Bandung. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Reciprocal Teaching dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Data yang terkumpul diolah menggunakan software IBM SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Self-concept matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching. Kata kunci : Model Reciprocal Teaching, kemampuan penalaran matematis, Self-concept