Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Antri Baru Kota Cimahi”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan kuantitatif yaitu untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan yang berasal dari para pedagang di pasar antri baru Kota Cimahi, kemudian menguraikannya secara keseluruhan yang akan memberikan gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang di pasar antri baru, Sumber data penelitian ini didapat dengan cara kuesioner dan wawancara di pasar antri baru Kota Cimahi sebanyak 83 responden.. Tujuannya adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana karakteristik responden pedagang di pasar antri baru Kota Cimahi dilihat dari jenis dagangan, usia, dan jenis kelamin. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel modal kerja, jumlah tenaga kerja dan lamanya usaha terhadap pendapatan pedagang di pasar antri baru Kota Cimahi secara parsial dan simultan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kelompok jenis dagangan yang terbanyak di pasar antri baru adalah pedagang pangan sebanyak 53 pedagang atau sebesar 63.8%. Kelompok usia terbanyak yaitu kelompok usia 31-40 tahun atau sebesar 58%. Dalam kelompok jenis kelamin terbanyak responden adalah pedagang pria terdapat 49 responden atau sebesar 59%. (2) bahwa variabel modal kerja, Jumlah Tenaga Kerja, dan Lamanya Usaha berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap pendapatan pedagang di pasar antri baru dan secara parsial hubungan variabel Modal Kerja, dan Lamanya Usaha memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap Pendapatan pedagang di pasar antri baru sedangkan, variabel Jumlah Tenaga Kerja tidak Berpengaruh terhadap pendapatan pedagang di pasar antri baru, Kata Kunci : Pendapatan, Modal Kerja, Jumlah Tenaga Kerja, Lamanya Usaha