PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan self-confidence antara siswa yang memperoleh model pembelajaran student facilitator and explaining dan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukan bahwa: i) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran student facilitator and explaining lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; ii) Pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran student facilitator and explaining dan pembelajaran biasa terdapat perbedaan secara signifikan; iii) Peningkatan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran student facilitator and explaining lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Kata Kunci: Student Facilitator And Explaining, Kemampuan Representasi matematis, Self-Confidence.