PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LAPS-HEURISTIC MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP
Daftar Isi:
- Kemampuan Komunikasi matematis memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai. Self-confidence siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan Self-confidence dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil pendekatan pembelajaran problem solving LAPS-Heuristic model Polya yang diperoleh lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran Laps-Heuristic model Polya lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan Komunikasi matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh Laps-Heuristic model polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan Laps-Heuristic model Polya dan kelas VII G sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan Komunikasi matematis dan skala Self-confidence. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan Komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Laps-Heuristic model Polya lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran model Laps-Heuristic model Polya lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan Komunikasi matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran model Laps-Heuristic model polya. Kata kunci : Laps Heuristic model Polya, kemampuan Komunikasi matematis, Self-confidence