Daftar Isi:
  • Kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Tetapi pada kenyataannya kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah pembelajaran Probing Prompting: 1) untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) untuk mengetahui apakah self-confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ; 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Pasirjambu tahun ajaran 2017/2018. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII-I dan VII-K yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian kemampuan pemahaman matematis dan skala self-confidence menggunakan skala Likert. Tes dan skala self-confidence diujicobakan terlebih dahulu di kelas VII SMPN 1 Pasirjambu. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh bahwa semua soal tes layak untuk digunakan dan skala self-confidence layak untuk digunakan pada penelitian dengan sedikit revisi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian program SPSS 18.0 for windows, diperoleh kesimpulan: 1) kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) self-confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting Kata kunci: Probing Prompting, Kemampuan Pemahaman, Self-Confidence