PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVIES (MEAs) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir kritis memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai. Disposisi matematis siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan disposisi matematis dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh Model-Eliciting Activities (MEAs). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan kelas VII H sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan berpikir kritis dan skala disposisi matematis. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran model Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajran ekspositori; (2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Model-Eliciting Activities (MEAs). Kata kunci : Model-Eliciting Activities (MEAs), kemampuan berpikir kritis, disposisi matematis