ctrlnum 36567
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/36567/</relation><title>PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA &#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA &#xD; SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV&#xD; SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018)</title><creator>Ghania Sophia Nurdiani, 145060207</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan &#xD; menggunakan metode Role Playing pada subtema Kekayaan Sumber Energi di &#xD; Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Manoko Lembang. Objek &#xD; penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 39 orang yang &#xD; terdiri atas 19 laki-laki dan 20 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan &#xD; model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, &#xD; pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana &#xD; Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,73, &#xD; meningkat pada siklus II sebesar 3,86 dan meningkat pada siklus III sebesar 4,00. &#xD; Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,46, meningkat &#xD; pada siklus II sebesar 3,65 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,9. Pada hasil &#xD; belajar peserta didik yang di peroleh dari 2 aspek yaitu aspek afektif dan kognitif. &#xD; Menunjukan bahwa pada siklus I peserta didik meraih ketuntasan sikap percaya diri &#xD; (afektif) 20.51%, sikap peduli meraih 23.07%, sedangkan sikap tanggung jawab &#xD; meraih 23.07%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 54.35 dengan persentase 53.84%. &#xD; Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest pada &#xD; siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri (afektif) &#xD; sebesar 51.28%, sikap peduli sebesar 43.58% sedangkan sikap tanggung jawab &#xD; meraih 48,71%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 64,10 dengan persentase 84.61%. &#xD; Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest &#xD; pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri &#xD; (afektif) sebesar 89.74% sikap peduli meraih 89.74% sedangkan sikap tanggung &#xD; jawab meraih 89.74%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 70,64 dengan persentase &#xD; 92.30%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan penggunaan &#xD; metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN &#xD; Manoko Lembang.&#xD; Kata kunci: Role Playing, hasil belajar</description><date>2018-09-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/8/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/1/abstrak%20indo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/2/abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/4/abstrak%20sunda.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/5/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/9/daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Ghania Sophia Nurdiani, 145060207 (2018) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>36567</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ghania Sophia Nurdiani, 145060207
title PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018)
publishDate 2018
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/36567/8/cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/1/abstrak%20indo.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/2/abstrak%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/4/abstrak%20sunda.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/5/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/6/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/7/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/8/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/9/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/36567/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Role Playing pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Manoko Lembang. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 39 orang yang terdiri atas 19 laki-laki dan 20 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,73, meningkat pada siklus II sebesar 3,86 dan meningkat pada siklus III sebesar 4,00. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,46, meningkat pada siklus II sebesar 3,65 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,9. Pada hasil belajar peserta didik yang di peroleh dari 2 aspek yaitu aspek afektif dan kognitif. Menunjukan bahwa pada siklus I peserta didik meraih ketuntasan sikap percaya diri (afektif) 20.51%, sikap peduli meraih 23.07%, sedangkan sikap tanggung jawab meraih 23.07%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 54.35 dengan persentase 53.84%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri (afektif) sebesar 51.28%, sikap peduli sebesar 43.58% sedangkan sikap tanggung jawab meraih 48,71%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 64,10 dengan persentase 84.61%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri (afektif) sebesar 89.74% sikap peduli meraih 89.74% sedangkan sikap tanggung jawab meraih 89.74%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 70,64 dengan persentase 92.30%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Manoko Lembang. Kata kunci: Role Playing, hasil belajar
id IOS3183.36567
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2019-05-05T17:21:20Z
last_indexed 2019-05-05T17:21:20Z
recordtype dc
_version_ 1766045063307067392
score 17.538404