PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018)
ctrlnum |
36567 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/36567/</relation><title>PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA 
SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV
SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018)</title><creator>Ghania Sophia Nurdiani, 145060207</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan 
menggunakan metode Role Playing pada subtema Kekayaan Sumber Energi di 
Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Manoko Lembang. Objek 
penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 39 orang yang 
terdiri atas 19 laki-laki dan 20 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan 
model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, 
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana 
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,73, 
meningkat pada siklus II sebesar 3,86 dan meningkat pada siklus III sebesar 4,00. 
Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,46, meningkat 
pada siklus II sebesar 3,65 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,9. Pada hasil 
belajar peserta didik yang di peroleh dari 2 aspek yaitu aspek afektif dan kognitif. 
Menunjukan bahwa pada siklus I peserta didik meraih ketuntasan sikap percaya diri 
(afektif) 20.51%, sikap peduli meraih 23.07%, sedangkan sikap tanggung jawab 
meraih 23.07%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 54.35 dengan persentase 53.84%. 
Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest pada 
siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri (afektif) 
sebesar 51.28%, sikap peduli sebesar 43.58% sedangkan sikap tanggung jawab 
meraih 48,71%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 64,10 dengan persentase 84.61%. 
Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest 
pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri 
(afektif) sebesar 89.74% sikap peduli meraih 89.74% sedangkan sikap tanggung 
jawab meraih 89.74%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 70,64 dengan persentase 
92.30%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan penggunaan 
metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 
Manoko Lembang.
Kata kunci: Role Playing, hasil belajar</description><date>2018-09-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/8/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/1/abstrak%20indo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/2/abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/4/abstrak%20sunda.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/5/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/36567/9/daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Ghania Sophia Nurdiani, 145060207 (2018) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>36567</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ghania Sophia Nurdiani, 145060207 |
title |
PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA
SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV
SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018) |
publishDate |
2018 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/36567/8/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/1/abstrak%20indo.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/2/abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/4/abstrak%20sunda.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/5/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/3/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/6/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/7/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/8/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/9/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/36567/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan
menggunakan metode Role Playing pada subtema Kekayaan Sumber Energi di
Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Manoko Lembang. Objek
penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 39 orang yang
terdiri atas 19 laki-laki dan 20 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan
model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,73,
meningkat pada siklus II sebesar 3,86 dan meningkat pada siklus III sebesar 4,00.
Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,46, meningkat
pada siklus II sebesar 3,65 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,9. Pada hasil
belajar peserta didik yang di peroleh dari 2 aspek yaitu aspek afektif dan kognitif.
Menunjukan bahwa pada siklus I peserta didik meraih ketuntasan sikap percaya diri
(afektif) 20.51%, sikap peduli meraih 23.07%, sedangkan sikap tanggung jawab
meraih 23.07%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 54.35 dengan persentase 53.84%.
Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest pada
siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri (afektif)
sebesar 51.28%, sikap peduli sebesar 43.58% sedangkan sikap tanggung jawab
meraih 48,71%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 64,10 dengan persentase 84.61%.
Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest
pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri
(afektif) sebesar 89.74% sikap peduli meraih 89.74% sedangkan sikap tanggung
jawab meraih 89.74%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 70,64 dengan persentase
92.30%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan penggunaan
metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN
Manoko Lembang.
Kata kunci: Role Playing, hasil belajar |
id |
IOS3183.36567 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-05-05T17:21:20Z |
last_indexed |
2019-05-05T17:21:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045063307067392 |
score |
17.538404 |