Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model guided inquiry berbasis mini research dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subkonsep transpor membran. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 30 Juli dan 2 Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 di SMA Negeri 15 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 34,45 dan skor rata-rata Posttest sebesar 75,48 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 80 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 80 dengan kategori baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided inquiry berbasis mini research dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subkonsep transpor membran. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Guided Inquiry, Mini Research, Transpor membran