PENDEKATAN DEDUKTIF BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan dedukitf berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 2 di SMA PGRI 1 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 49,85 dan skor rata-rata Posttest sebesar 82,27 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 1,00 dengan kategori tinggi. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata 79,17 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 72,7 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil angket dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif sebesar 77,47% dengan kriteria baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan deduktif berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Pendekatan deduktif, Web, Hasil Belajar Siswa, Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati.