PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN FASILITAS FISIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MANGKOK MANIS CIHAMPELAS BANDUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kompetisi kuliner di Kota Bandung sekarang ini sangatlah ketat. Setiap para pelaku bisnis kuliner harus mampu untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam sebuah bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan fasilitas fisik terhadap kepuasan konsumen pada Mangkok Manis Cihampelas Bandung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden dari populasi 14.740 konsumen Mangkok Manis. Sedangkan tekinik sampling yang digunakan untuk menghitung besarnya pengaruh ukuran sampel adalah non probability sampling dengan metode incidental. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas, analisi korelasi berganda, koefisien determinas, uji hipotesis simultan dan uji hipotesis parsial. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga, promosi dan fasilitas fisik terhadap kepuasan konsumen secara simultan. Sesuai dengan perhitungan statistik, harga, promosi dan fasilitas fisik memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen pada Mangkok Manis sebesar 63,8% sedangkan sisanya sebesar 36,2% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Harga, Promosi, Fasilitas Fisik dan Kepuasan Konsumen