MENGEMBANGKAN KETERMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PJBL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model PjBL pada materi pencemaran lingkungan. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA di SMA 6 Bandung, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 31 orang dengan menggunakan metode pre-experimental dengan desian penelitian one group pretest-posttest design. Parameter yang diukur adalah tes keterampilan berpikir kreatif, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, respon siswa terhadap pembelajaran model PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa berkembang setelah pembelajaran menggunakan model PjBL dengan hasil perhitungan nilai N-Gain pada setiap siswa, nilai N-Gain tertinggi sebesar 1,00 dan nilai N-Gain terendah sebesar 0,06, hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa berkembang setelah pembelajaran menggunakan model PjBL, selain keterampilan berpikir kreatif hasil penelitian lainnya ialah keterlaksanaan model PjBL pada aktivitas siswa terlaksana dengan persentase 84,07% dengan kategori sangat baik, keterlaksanaan model PjBL aktivitas guru terlaksana dengan persentase 81,94 % dengan kategori sangat baik, dan respon siswa terhadap model PjBL sebesar 72,04 %. Demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif pada siswa dapat berkembang melalui model pembelajaran PjBL. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Model PjBL, Model Pembelajaran Project Based Learning