Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol pada mata pelajaran ekonomi materi kerja sama ekonomi internasional di SMA Kemala Bhayangkari Bandung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen tipe nonequivalent control group design yang merupakan macam dari desain kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-gain, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan informasi bahwa n-gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,690 yang berarti sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,398 yang berarti rendah. Selain itu dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, atau dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan strategi pembelajaran aktif critical incident ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan dikelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol pada mata pelajaran ekonomi materi kerja sama ekonomi internasional di SMA Kemala Bhayangkari Bandung tahun ajaran 2017/2018. Kesimpulannya strategi pembelajaran aktif critical incident dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata peajaran ekonomi materi kerja sama ekonomi internasional di SMA Kemala Bhayangkari Bandung. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Critical Incident, Hasil Belajar.