Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Materi Laporan Laba Rugi di SMA Pasundan 8 Bandung (Studi Kasus Siswa Kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 Tahun Ajaran 2017-2018), dilatar belakangi oleh permasalahan di lapangan, yaitu hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan, hal ini diakibatkan oleh guru yang masih menggunakan media pembelajaran konvensional tanpa dikombinasikan dengan media lain saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan menggunakan teknik penelitian Uji N-Gain dan Uji-t yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa kelas eksperimen dari nilai rata-rata 38,13 menjadi 82,50. Hal ini dikarenakan pada mata pelajaran akuntansi materi laporan keuangan laba rugi menggunakan media pembelajaran video animasi sehingga hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi materi laporan keuangan laba rugi di kelas XI MIPA 2 SMA Pasundan 8 Bandung. Dengan demikian peneliti bermaksud memberikan saran bagi: a. Guru, penggunaan media pembelajaran video animasi dapat dijadikan alternatif media pembelajaran untuk diterapkan pada saat proses pembelajaran akuntansi. b. Peneliti, penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya , dan diharapkan adanya penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi ini. Kata Kunci : Video Animasi, Hasil Belajar