Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Inkuiri pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa pada saat pembelajaran, siswa kurang memiliki sikap peduli terhadap teman yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran, guru kurang mampu mendorong siswa aktif pada saat pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 37% sampai dengan 89%, sikap peduli pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 33% sampai 85%. Pada saat pelaksanaan pembelajaran siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model inkuiri. Jadi kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaa model Inkuiri pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku dapat meningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa di SDN Linggar 01 Kabupaten Bandung. Kata Kunci : Inkuiri, Hasil belajar