Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran mejadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilaksan akan di kelas IV SDN 2 Bojong pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan diterapkannya model Inquiry Terbimbing sebagai alternatif dalam pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata yang terlihat dari hasil belajar siswa serta observasi guru. Pada penilaian pengetahuan dengan melakukan Pretest dan Postest, nilai rata-rata siklus I yaitu pretest 60, dan postets 75,2, nilai rata-rata siklus II yaitu pretest 65,5, dan postets 82, dan nilai rata-rata siklus III yaitu pretest 65, dan postets 90,8. Nilai rata-rata pada penilaian sikap santun dan peduli Siklus I yaitu 75,90 dan75, dan , siklus II yaitu 72,5 dan 85,7, serta siklus III yaitu 98 dan 95,5. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Inquiry Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SDN 2 Bojong Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Kata kunci: Inquiry Terbimbing, Hasil belajar, Santun, Peduli.