Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan Hasil belajar Peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi pada matapelajaran PPKn peserta didik hanya mampu mengahafalkan materi yang didapatkannya, dan belum mampu menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Faktor Penghambat dan Pendukung serta Evaluasi pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini adalah Guru PPKn SMP dan Peserta didik Kelas VIII A SMP Pasundan 4 Bandung, Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan Guru PPKn Kelas VIII dan perwakilan Peserta didik kelas VIII A, serta angket yang dibagikan kepada peserta didik yang dijadikan sebagai data konkret dalam penelitian ini, untuk melengkapi data dalam peneli tian dilakukan Observasi pada Pembelajaran dikelas oleh guru melalui Penerapan pendekatan Contextual teaching and Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Sudah tercapainya perencanaan pembelajaran oleh Guru PPKn kelas VIII A melalui pendekatan Contextual teaching and Learning, yaitu Susunan dan komponen dalam Perencanaan Pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2017 sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (2) Pelaksanaan dan penerapan Pendekatan Contextual teaching and Learning sudah mampu meningkatkan hasil belajar pesertadidik yang dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kualitas pengerjaan Tugas, Keaktifan dalam kelas, berani bertanya, Mampu memahami materi pelajaran dengan baik, mampu Menyelesaikan soal latihan dan Soal ulangan, serta peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat dari adanya Perubahan perilaku pada pesertadidik yang mampu diterapkan dalam lingkungan sekolah dan kehidupannya sehari-hari Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPKn