PENGGUNAAN MULTIMEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA-3 dan X MIPA-5 di SMA Negeri 1 Jatiwangi pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata Pretest sebesar 35 dan skor rata-rata Posttest sebesar 80 serta dari hasil uji N-Gain memperoleh skor sebesar 0,69 dengan kategori sedang, sementara itu pada kelas kontrol memperoleh skor rata-rata Pretest sebesar 25 dan skor Posttest sebesar 75 serta dari hasil uji N-gain memperoleh skor sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 83 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 87 dengan kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol memperoleh skor 83 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi dari kelas kontrol.Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Virus. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Multimedia Animasi, Virus