ctrlnum 35981
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/35981/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN&#xD; HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM &#xD; KEBERAGAMAN&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu &#xD; Kabupaten Bandung Barat)</title><creator>N. Silvy Nurianti, 145060140</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan &#xD; model Discovery Learning pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. &#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan &#xD; Gununghalu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV &#xD; SDN Pasirlemu yang sikap kerjasamanya kurang sehingga berpengaruh terhadap&#xD; hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang hanya &#xD; berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. upaya &#xD; yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan &#xD; diterapkannya model Discovery Learning sebagai alternatif dalam pemecahan &#xD; masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus &#xD; yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. &#xD; Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan &#xD; kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery &#xD; Learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Pemberian rangsangan, 2. Identifikasi &#xD; masalah, 3. Pengumpulan data, 4. Pengolahan data, 5. Pembuktian, 6. Penarikan &#xD; kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes &#xD; dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes &#xD; yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil &#xD; penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model &#xD; Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema &#xD; Kebersamaan dalam Keberagaman. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan &#xD; dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I dengan &#xD; persentase 78%, siklus II 87%, dan siklus III 97%. Pelaksanaan pembelajaran &#xD; pada siklus I mencapai nilai rata-rata 3,3 dengan persentase 82%, siklus II 3,65 &#xD; dengan persentase 91%, dan siklus III 3,9 dengan persentase 97%. Sikap &#xD; Kerjasama yaitu pada siklus I mencapai persentase 35%, pada siklus II 65%, dan &#xD; siklus III 82%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 47%, siklus &#xD; II 70%, dan siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan &#xD; bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil &#xD; belajar siswa. &#xD; Kata kunci : Discovery Learning, Hasil belajar.</description><date>2018-09-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/3/01%20cover%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20Indonesia.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/1/Abstrak%20Inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20sunda.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/5/BAB%20IV%20fiks.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20fiks.pdf</identifier><identifier> N. Silvy Nurianti, 145060140 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>35981</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author N. Silvy Nurianti, 145060140
title PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat)
publishDate 2018
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/35981/3/01%20cover%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20Indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/1/Abstrak%20Inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20sunda.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/5/BAB%20IV%20fiks.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20fiks.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35981/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Pasirlemu yang sikap kerjasamanya kurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan diterapkannya model Discovery Learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Pemberian rangsangan, 2. Identifikasi masalah, 3. Pengumpulan data, 4. Pengolahan data, 5. Pembuktian, 6. Penarikan kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I dengan persentase 78%, siklus II 87%, dan siklus III 97%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai rata-rata 3,3 dengan persentase 82%, siklus II 3,65 dengan persentase 91%, dan siklus III 3,9 dengan persentase 97%. Sikap Kerjasama yaitu pada siklus I mencapai persentase 35%, pada siklus II 65%, dan siklus III 82%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 47%, siklus II 70%, dan siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil belajar.
id IOS3183.35981
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2019-05-05T17:21:10Z
last_indexed 2019-05-05T17:21:10Z
recordtype dc
_version_ 1766045061416484864
score 17.538404