PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat)
ctrlnum |
35981 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/35981/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM 
KEBERAGAMAN
(Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu 
Kabupaten Bandung Barat)</title><creator>N. Silvy Nurianti, 145060140</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan 
model Discovery Learning pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. 
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan 
Gununghalu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV 
SDN Pasirlemu yang sikap kerjasamanya kurang sehingga berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang hanya 
berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. upaya 
yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan 
diterapkannya model Discovery Learning sebagai alternatif dalam pemecahan 
masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus 
yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. 
Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan 
kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery 
Learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Pemberian rangsangan, 2. Identifikasi 
masalah, 3. Pengumpulan data, 4. Pengolahan data, 5. Pembuktian, 6. Penarikan 
kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes 
dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes 
yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil 
penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model 
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema 
Kebersamaan dalam Keberagaman. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan 
dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I dengan 
persentase 78%, siklus II 87%, dan siklus III 97%. Pelaksanaan pembelajaran 
pada siklus I mencapai nilai rata-rata 3,3 dengan persentase 82%, siklus II 3,65 
dengan persentase 91%, dan siklus III 3,9 dengan persentase 97%. Sikap 
Kerjasama yaitu pada siklus I mencapai persentase 35%, pada siklus II 65%, dan 
siklus III 82%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 47%, siklus 
II 70%, dan siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan 
bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil 
belajar siswa. 
Kata kunci : Discovery Learning, Hasil belajar.</description><date>2018-09-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/3/01%20cover%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20Indonesia.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/1/Abstrak%20Inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20sunda.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/5/BAB%20IV%20fiks.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/35981/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20fiks.pdf</identifier><identifier> N. Silvy Nurianti, 145060140 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>35981</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
N. Silvy Nurianti, 145060140 |
title |
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM
KEBERAGAMAN
(Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat) |
publishDate |
2018 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/35981/3/01%20cover%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20Indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/1/Abstrak%20Inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/2/Abstrak%20sunda.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/6/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/5/BAB%20IV%20fiks.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/7/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20fiks.pdf http://repository.unpas.ac.id/35981/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan
model Discovery Learning pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan
Gununghalu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV
SDN Pasirlemu yang sikap kerjasamanya kurang sehingga berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang hanya
berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. upaya
yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan
diterapkannya model Discovery Learning sebagai alternatif dalam pemecahan
masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus
yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery
Learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Pemberian rangsangan, 2. Identifikasi
masalah, 3. Pengumpulan data, 4. Pengolahan data, 5. Pembuktian, 6. Penarikan
kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes
dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes
yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema
Kebersamaan dalam Keberagaman. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan
dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I dengan
persentase 78%, siklus II 87%, dan siklus III 97%. Pelaksanaan pembelajaran
pada siklus I mencapai nilai rata-rata 3,3 dengan persentase 82%, siklus II 3,65
dengan persentase 91%, dan siklus III 3,9 dengan persentase 97%. Sikap
Kerjasama yaitu pada siklus I mencapai persentase 35%, pada siklus II 65%, dan
siklus III 82%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 47%, siklus
II 70%, dan siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan
bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Kata kunci : Discovery Learning, Hasil belajar. |
id |
IOS3183.35981 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-05-05T17:21:10Z |
last_indexed |
2019-05-05T17:21:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045061416484864 |
score |
17.538404 |