Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning subtema keragaman budaya bangsaku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 184 Buahbatu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN 184 Buahbatu yang rasa percaya dirinya masih rendah serta hasil belajar siswa rendah, hal tersebut dikarenakan siswa kurang dilibatkan pada saat proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilaksananakan dalam 3 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema keragaman budaya bangsaku. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan dalam menyusun perencanaan pembelajaran yaitu pada siklus I nilai rata-rata 2,66 , siklus II 3,26 dan siklus III 3,73. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,74, siklus II 3,24 dan siklus III 3,68. Sikap percaya diri pada siklus I mencapai persentase 56% , siklus II 74% dan siklus III 85%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 56% , siklus II 71% , siklus III 81%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, sikap percaya diri, hasil belajar.