ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN BALONKU SOCIAL EXPERIMENT DI YOUTUBE
Main Author: | Nurrul Suciati Alamanda Linggawuni, 142050243 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/35961/1/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/35961/1/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/35961/1/lembar%20persetujuan%20skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/35961/1/ABSTRAK%203%20bahasa.pdf http://repository.unpas.ac.id/35961/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/35961/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/35961/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berujudul ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN BALONKU SOCIAL EXPERIMENT DI YOUTUBE. Iklan merupakan hasil karya yang sangat unik dan menarik, karena menuangkan gagasan dalam bentuk gambar hidup, dan disajikan sebagai hiburan yang layak dinikmati oleh masyarakat. Maka dari itu peneliti memilih iklan sebagai subjek objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanda, petanda dan makna pada iklan “Balonku Social Experiment” sehingga dapat diketahui pemaknaan realitas subjektif yang terkandung pada iklan ini. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika dari Ferdinand De Saussure. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah pada iklan “Balonku Social Experiment” memiliki dua puluh satu scenes mengandung pemaknaan Realitas Subjektif yang terkandung di iklan “Balonku Social Experiment” yang dimana menunjukan keputusan seseorang dalam menyikapi kebutuhan yang harus di prioritaskan.