PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan. Metode yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan one-group pretest – posttest desain. Penelitian dilakukan di SMA Pasundan 2 Bandung dengan sampel penelitian kelas XI IPA 6 berjumlah 34 siswa. Subjek dari penelitian ini dipilih dengan teknik Purpossive sampling. Hasil penelitian pada aspek kognitif terdapat perbedaan hasil yang signifikan pada uji hipotesis dengan adanya kenaikan nilai N-Gain. Hasil penelitian pada aspek afektif berada pada kategori sangat baik. Kemudian hasil penelitian aspek psikomotor berada pada kategori sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif pada materi jaringan tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Media Pembelajaran, Interaktif, Jaringan Tumbuhan.