Daftar Isi:
  • Belajar adalah suatu tujuan untuk merubah seseorang atau individu menjadi lebih baik dengan kegiatan yang dilakukan melalui alat indra dan pengalamanya dengan secara sadar dapat meningkatkan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa penggunaan modul interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI. Metode penelitian One-Group Pretest-Posttest Design yaitu peneliti ingin mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan modul interaktif yang diukur berupa t es yaitu dengan soal pilihan ganda dan non tes berupa penilaian afektif dan psikomotor. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Pasundan 3 Bandung yang diberikan soal berupa tes objektif sebanyak 20 soal pilihan ganda sebagai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan penggunaan modul interaktif pada materi sel. Hasil peneli tian dari data pretest dan posttest nilai rata-rata pretest sebesar 44.44 dan posttest sebesar 75.93. Peneliti melakukan uji hipotesis dimana hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan yang terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan modul interaktif pada materi sel , dari uji hipotesis didapat t tabel nilai t tabel 0.000 < 0.05. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi juga dalam ranah afektif dan psikomotor , pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata 85.64 dan ranah psikomot diperoleh nilai rata-rata 85.18. Kata kunci : Hasil belajar siswa , Modul Interaktif, Materi Sel