BLENDED MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang di blended dengan Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIA-D di SMA Angkasa Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 42 dan skor rata-rata Posttest sebesar 73 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 78 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 83 dengan kategori sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teachig and Learning yang di blended dengan Problem Based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Blended Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati