Daftar Isi:
  • Penelitian ini berisi tentang penerapan model discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung pada subtema keberagaman budaya bangsaku dengan tema indahnya kebersamaan. Yang dihadapi pada subtema ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model discovery learning berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis and Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap – tahap discovery learning. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes (postes), angket, dan dokumentasi. pembelajaran Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil 3,4, siklus II sebesar 3,65, dan siklus III menjadi 3,65. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,41, siklus II mencapai 3,72, dan siklus III menjadi 3,75. Sikap peduli pada siklus I mencapai 47%, siklus II sebesar 73%, dan siklus III meningkat mencapai 90%. Hasil belajar siklus I mencapai 47%, siklus II sebesar 70%, %, dan siklus III meningkat mencapai 93%. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning yang digunakan sudah berhasil. Terbukti dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar