PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas IV C Semester I SDN 026 Bojongloa Kota Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena masalah yang terdapat di kelas diantaranya belum menuntut peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sendiri materi pelajaran, rendahnya hasil belajar peserta didik, serta belum tumbuhnya sikap percaya diri dan tanggung jawab peserta didik. Masalah ini muncul karena guru belum menggunakan model yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model discovery learning untuk melihat apakah hasil belajar peserta didik pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV C dapat meningkat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan bersama dengan guru kelas yang berperan sebagai observer dalam penelitian. PTK ini dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV C SDN 026 Bojongloa sebanyak 32 orang, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Persentase hasil belajar pada siklus I yaitu sebesar 53,12% dengan banyak peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 17 orang. Persentase hasil belajar peserta didik pada siklus II yaitu sebesar 90,62% dengan banyak peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 29 orang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dan dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang tepat, terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil belajar