Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai Media Asli untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA-3 di SMA Negeri 18 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 42,90 dan skor rata-rata Posttest sebesar 78,71 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 78 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media asli dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati, Media Asli