PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Pembelajaran membaca sebenarnya sudah diajarkan sejak dini, namun peserta didik masih saja mengalami kesulitan, apalagi dalam hal menganalisis. Hal tersebut saya ketahui setelah melakukan pembelajaran menganlisis di kelas X SMA Pasundan Bandung ketika melakukan Praktik Pengalaman Lapangan. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model Reciprocal Learning. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksankan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi dengan menggunakan model Reciprocal Learning pada peserta didik kelas X SMA PAsundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali (A). 2) Peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung mampu menganalisis aspek makna dalam teks biografi. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pretes sebesar 41,04 dan nilai rata-rata postes sebesar 69,81, peningkatannya sebesar 28,77. 3) Model Reciprocal Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil sebesar t hitung sebesar 16,2, t tabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan db sebesar 25. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, aspek, makna, dalam, teks, biografi, Reciprocal Learning.