PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018
Daftar Isi:
- Model problem based instruction adalah salah satu model kooperatif yang digunakan peneliti dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi agar meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dalam hal ini, berpikir kritis juga sangatlah penting untuk dikuasai oleh setiap peserta didik. Untuk melihat tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik penelit dapat membandingkannya pada hasil pretes dan postes yang diberikan pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. Metode yang peneliti gunakan adalah mixed methode dengan teknik penelitian uji coba, observasi, tes, dan analisis. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah: Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model problem based instruction untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik baik pada kelas kontrol dan eksperimen? Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. Peneliti mampu merencakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai yang diperoleh penulis pada tahap perencanaan yaitu 3.96 dan nilai rata-rata untuk kegiatan pelaksanaan yaitu 3.98; Model problem based instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti dengan penghitungan statistik dengan hasil ternyata thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas eksperimen yakni 23,85 ≥ 2,7 dan thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas kontrol yakni 3,42≥ 2,7, pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 29; Adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi pada hasil pretes dengan rata-rata 6 dan hasil postes dengan rata-rata 13 dengan menggunakan model problem based instruction sebagai kelas eksperimen dan 5 dengan hasil rata-rata pretes dan 6 hasil postes pada kelas kontrol menggunakan model problem based learning sebagai kelas kontrol pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran berhasil. Kata kunci: Menulis, teks eksplanasi, berpikir kritis, model problem based instruction.