Daftar Isi:
  • Judul dari penelitian ini adalah “Menelaah Teks Bi ografi Berorientasi pada Nilai Karakter yang dapat Diteladani dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition pada Siswa Kelas X SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menelaah teks biografi berorientasi pada nilai karakter yang dapat diteladani dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Banudng tahun pelajaran 2017/2018 dengan tepat? 2) seberapa besar kemampuan siswa dalam menelaah teks biografi berorientasi pada nilai karakter yang dapat diteladani pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung ? 3) apakah ada perubahan yang signifikan antara kemampuan menelaah teks biografi berorientasi pada nilai karakter yang dapat diteladani pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung sebelum dan sesudah guru menerapkan model cooperative integrated reading and composition? Adapun nilai hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,65 nilai rata-rata tes awal sebesar 40,2 dan hasil tes akhir dengan rata-rata sebesar 74,2. Perbedaan ini menunjukkan selisih 34 sehingga menghasilkan peningkatan dari tes awal dan tes akhir dan sebesar 34. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,21. Hasil perhitungan statistik diketahui t hitung ≥ t tabel yaitu 18,18 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data penelitian, penulis menelaah teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran menelaah, teks biografi, cooperative integrated reading and composition.