Daftar Isi:
  • Pembelajaran menulis merupakan salah satu pembelajaran yang ada pada pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya adalah menulis surat pribadi dan dinas menggunakan metode quantum learning. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk membuat judul “Pembelajaran Menulis Surat (Pribadi dan Dinas) untuk Kepentingan Resmi dengan Memperhatikan Struktur Teks Menggunakan Metode Quantum Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kandanghaur”. Metode yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen semu, jenisnya nonequivalent control group design. Teknik yang digunakan yaitu telaah pustaka, uji coba dan tes. Nilai hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran membuktikan bahwa peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis surat pribadi dan surat dinas dengan memperhatikan struktur teks menggunakan metode quantum learning. Nilai rata-rata yang diperoleh peneliti adalah 3,57 yang termasuk pada kategori sangat baik. Siswa SMP Negeri 2 Kandanghaur mampu menulis surat pribadi dan dinas dengan memperhatikan struktur teks dengan menggunakan metode quantum learning dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil dari nilai pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen adalah 31,26 sedangkan nilai rata-rata postesnya adalah 81,96. Sehingga selisih antara keduanya adalah 50,70, artinya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandanghaur mampu menulis surat pribadi dan dinas dengan memperhatikan struktur teks dengan menggunakan metode quantum learning dengan tepat. Kata kunci: Surat Dinas, Surat Pribadi, Quantum Learning.