PEMBELAJARAN MEMERANKAN ISI FABEL BERFOKUS PADA KEMAMPUAN BERDIALOG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Dalam Kurikulum 2013 pembelajaran memerankan isi teks fabel adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam keterampilan berbicara. Berkaitan dengan pernyataan tersebut, penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memerankan isi teks fabel yang berfokus pada kemampuan berdialog dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Permasalahan-permasalahan yang saat ini ditandai oleh peserta didik dalam keterampilan berbicara khususnya pembelajaran memerankan isi teks fabel adalah kurangnya minat peserta didik dalam bermain peran. Selain permasalahan dalam peserta didik, adapun permasalahan yang penulis ajukan adalah (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memerankan isi fabel berfokus pada kemampuan berdialog dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung?; (2) Seberapa besarkah tingkat kemampuan peserta didik kelas VII dalam pembelajaran memerankan isi fabel berfokus pada kemampuan berdialog dengan menggunakan metode role playing?; (3) Efektifkah penerapan metode role playing dalam pembelajaran memerankan isi fabel berfokus pada kemampuan berdialog pada siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung?. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen jenis one group pretest postest design. Adapun hasil penelitian sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memerankan isi fabel berfokus pada kemampuan berdialog dengan menggunakan metode role playing. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 3,81 dan pelaksanaan sebesar 3,88; (2) Peserta didik kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung mampu memerankan isi fabel berfokus pada kemampuan berdialog dengan menggunakan metode role playing. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes yaitu sebesar 37,70 dan nilai rata-rata postes sebesar 74,78. Jadi, adanya peningkatan 37,08; (3) Metode role playing efektif diterapkan dalam pembelajaran memerankan isi fabel berfokus pada kemampuan berdialog pada siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 24,07 > 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci : Berbicara, Berdialog, Memerankan, Metode Role Playing, Teks Fabel