PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK FABEL BERORIENTASI ALUR DAN PENOKOHAN DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: ARIESKA SELVIANA DEWI, 145030002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/35503/6/Cover%20skripsi%2015%20AGUSTUS%20dengan%20nmr%20seri.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/3/Abstrak%20BI%20revisi%20metode%207%20agustus%20%28alfabetis%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/4/Abstrak%20B.%20ingg%20terjemahan%20teh%20oca%20%28alfabeltis%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/5/Abstrak%20Sunda%20edited%20ntin%208%20AGUSTUS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/2/SKRIPSI%20BAB%201%20EDIT%208%20AGUSTUS%20print.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/2/SKRIPSI%20BAB%20II%20Pak%20dindin%208%20agustus%20revisi%20print.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/2/SKRIPSI%20BAB%20III%20PAK%20DINDIN%20dan%20buk%20panca%20metode%208%20agustus.................pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/1/Skripsi%20BAB%20IV%20pak%20dindin%204%20AGUSTUS%20%202018%20%28PRINT%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/2/BAB%20V%20Simpulan%20dan%20Saran%20Metode%208%20agustus.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/7/ACC%20Lembar%20Pengesahan%20REVISI%20%2030%20JULI%20Nim%20buk%20titin%20berubah.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/8/Daftar%20Pustaka%207%20ACC.pdf
http://repository.unpas.ac.id/35503/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Fabel merupakan salah satu teks yang bertujuan untuk menyampaikan nasihat dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi pembaca. Metode discovery learning merupakan metode pembelajaran berbasis penemuan. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Fabel Berorientasi Alur dan Penokohan dengan Metode Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Permasalahan yang penulis rumuskan (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung?; (2) Apakah peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning?; (3) dan Apakah metode discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen semu (kuasi) dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,44; nilai rata-rata pretes sebesar 31,42 dan nilai rata-rata postes sebesar 82,65; sedangkan selisih pretes dan postes yaitu 51,23. Hasil perhitungan statistik membuktikan thitung > ttabel yaitu 16,33 > 2,05 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan db 26. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Alur, Berorientasi, Fabel, Mengidentifikasi, Metode Discovery Learning, Penokohan, Unsur Intrinsik.