STRATEGI PROMOSI WISATA BUDAYA PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- Wisata budaya adalah salah satu Bidang Kepariwisataan yang menyajikan nilai-nilai budaya dan kesenian daerah lokal. Kota Bandung memiliki wisata budaya yang menunjukkan keanekaragaman budaya dan seni. Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung membebankan tugas dalam urusan Bidang Kebudayaan dan Bidang Pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauhmana Strategi Promosi Wisata Budaya Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Dalam laporan hasil penelitian ini akan dibahas mengenai strategi-strategi promosi wisata budaya, Lingkung seni budaya yang sudah memiliki legalitas di Kota Bandung, hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam kegiatan strategi promosi wisata budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan meliputi observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi tolak ukur pada Strategi Promosi Wisata Budaya adalah teori Obsorn dan Plastrik (1996) yaitu dikenal dengan istilah “The Five C’S” yaitu Strategi Inti (Core Strategy), Strategi Konsekuensi (Consecuence Strategy), Strategi Pemakai Jasa (Customer Strategy), Strategi Pengendalian (Control Strategy), dan Strategi Budaya / Kultur (Culture Strategy). Pihak pihak yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Bidang Produk Budaya dan Kesenian, Seksi Pengembangan Produk Budaya dan Kesenian, Seksi Promosi Produk Budaya dan Kesenian, Seksi Sarana dan Prasarana Seni Budaya serta Staf Bidang Pemasaran Pariwisata Penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi wisata budaya di Kota Bandung sudah dilakukan tetapi belum optimal hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu pembangunan lingkung seni yang masih belum optimal dan kurangnya kreatifitas untuk menarik wisatawan terhadap kebudayaan daerah. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi promosi wisata budaya beberapa diantaranya yaitu, anggaran, belum optimalnya Sumber Daya Manusia, dan Program yang belum maksimal pada Bidang Kebudayaan. . Kata Kunci: Strategi Promosi, Wisata Budaya