Daftar Isi:
  • Berdasarkanhasilpenelitianyang penelitilakukandi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, diperolehbahwaKepuasan Masyarakat Pegawaimasihrendahterlihatdariindikatorkinerja pelayanan yang di berikan danKepuasan atas hasil kerja, pekerjaanpegawai yang masihkurang. Masalahtersebutdisebabkanolehkurangnyapelayanan yang di berikan oleh pegawai kepada masyarakat tidak maksimal sehingga masyarakat tidak merasa puas. Metodepenelitian yang digunakanpenelitiadalahmetodepenelitianasosiatifdenganmenggunakananalisiskuantitatif. Teknikpengumpulan data yang digunakanyakni, studikepustakaandanstudilapangan. Studilapanganterdiridariobservasi non partisipan, melakukanwawancarakepadaKepalaBidang Pendaftran Pendudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandungsertamenyebarkanangketsebanyak 32 responden. ObjekpenelitianpadapenelitianiniadalahPengaruhKualitas Pelayanan Program Mepeling Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Perekaman e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Teknikanalisis data menggunakanrumus – rumus yang perhitungannyadenganmenggunakanbantuan SPSS (ststistical& product and service solutions). Penelitianinimengginakanteoritentangkualitaspelayanan, kepuasanmasyarakatdanteori yang berhubungandenganpenelitian. Menggunakan data sekunderyaitumelaluidokumen – dokumensepertistrukturorganisasi, visi, misi, tugaspokokfungsi, rencanastrategidan lain – lain. HasilpenelitianpadaDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota BandungmenemukanhambatanyaituKurangnyaKeterampilan, kemampuandankualitaskinerjapegawaimasih rendahpegawaiseharusnyamemilikiketerampilandankemampuan yang bisa di terimaolehmasyarakat, kualitaskerjajugasangatperpengaruhpemberianpelayanankepadamasyarakat. Uasaha yang harusdilakukanuntukmengatasihambatantersebutdengancaraMeningkatkanketerampilandankemampuanpegawai yang lebihagar bisamemberikankualitaspelayanan yang optimal danmaksimal. Hal inimenunjukanbahwadenganadanyaketerampilandankemampuanpegawaibisalebihbekerja.Untukkoefisiendeterminasimenunjukanpengaruhsebesar 0,682 atauPyx = 68,2 %, terdapatpengaruh yang cukupkuatsehinggafaktor lain tidakdiukurdantidakmempunyaipengaruh yang berarti Kesimpulan yang dapatdiambilyaituberdasarkankriteriainterpretasikoefisiendeterminasimenunjukanbahwaterdapatKualitas Pelayanan Program Mepeling Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Perekaman e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Kata kunci :KualitasPelayanan, KepuasanMasyarakat.