Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Komunikasi Dakwah Pemuda Hijrah Di Kalangan Anak Muda Kota Bandung”. Pemuda Hijrah adalah suatu komunitas dakwah yang berhasil mengajak anak muda kota Bandung untuk datang ke masjid guna memenuhi kebutuhan rohani. Tidak hanya kajian yang dilakukan, Pemuda Hijrah pun melakukan kegiatan lain yang berkaitan dengan anak muda tetapi tidak melupakan ibadah kepada Allah SWT. Pemuda Hijrah dikenal juga dengan nama “Shift” yang artinya perpindahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Pemuda Hijrah, meliputi da’i yang menjadi sumber komunikasi, pesan yang disampaikan, media yang digunakan, dan bagaimana perubahan sikap yang terjadi di kalangan anak muda Kota Bandung Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teori perubahan sikap dari Carl Hovland. Dengan metode kualitatif, peneliti dapat memperoleh data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung sehingga data tersebut dapat melengkapi penelitian ini, serta menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Berdasarkan hasil penelitian Komunikasi Dakwah Pemuda Hijrah Di Kalangan Anak Muda Kota Bandung, maka diperoleh hasil bahwa dengan komunikasi dakwah yang dilakukan Pemuda Hijrah di kalangan anak muda kota Bandung dapat mengubah pemikiran anak muda akan adanya suatu kajian dan dapat pula merubah sikap mereka untuk antusias datang kekajian Pemuda Hijrah karena komunikasi dakwah yang digunakan mengikuti gaya anak muda akan tetapi tetap dalam aturan islam. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti untuk masyarakat khususnya masyarakat Kota Bandung agar dapat melakukan kegiatan yang positif seperti datang ke kajian dan melakukan hal positif lainnya sehingga gaya hidup anak muda menjadi lebih baik untuk masa depannya kelak. Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Pemuda Hijrah, Kota Bandung