PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PRAKTEK PELAYANAN TIDAK LANGSUNG (INDIRECT SERVICES) DI KLINIK PUSAT PENGEMBANGAN POTENSI ANAK (PUSPPA) SURYA KANTI BANDUNG
Main Author: | Nadya Syarif, 142020056 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/34149/1/LEMBAR%20PENGESAHAN.docx http://repository.unpas.ac.id/34149/1/COVER%20SKRIP.docx http://repository.unpas.ac.id/34149/2/20180712_114449.jpg http://repository.unpas.ac.id/34149/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://repository.unpas.ac.id/34149/2/ABSTRAK.docx http://repository.unpas.ac.id/34149/2/BAB%20I.docx http://repository.unpas.ac.id/34149/3/BAB%20II.docx http://repository.unpas.ac.id/34149/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Peran Pekerja Sosial dalam Praktek Pelayanan Tidak Langsung (indirect services) di Klinik Pusat Pengembangan Potensi Anak (PUSSPA) Surya Kanti Bandung. Pekerja sosial sebagai suatu profesi pemberian bantuan yang dilaksanakan melalui pengembangan interaksi timbal-balik yang saling menguntungkan antara manusia dan lingkungan sosialnya. Praktek pelayanan tidak langsung (Indirect services) dilaksanakan dengan memusatkan perhatian pada institusi kesejahteraan sosial, lembaga-lembaga atau organisasi kesejahteraan sosial, pada evaluasi dan analisis. Identifikasi masalah dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara singkat tentang peran pekerja sosial dalam praktek pelayanan tidak langsung (indirect services). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan: Wawancara mendalam. Informan kunci pada penelitian ini adalah seorang pekerja sosial yang berperan melakukan praktek pelayanan secara tidak langsung, sementara informan tambahan terdiri dari 3 orang interdisipliner yang memiliki relasi dengan pekerja sosial, 2 orang psikologi dan 1 orang dokter dalam penanganan terhadap anak sebagai pasien melalui keluarga atau orang tua yaitu sebagai klien. Penelitian ini menunjukan bahwa informan melaksanakan ke 6 peran sebagai pekerja sosial dilakukan untuk mengintervensi perkembangan potensi anak diantaranya peran-peran tersebut adalah Penunjang, Mediator, Evaluator, Negosiator, Educator dan Motivator.