Daftar Isi:
  • Berdasarkanhasilpenelitianyang penelitilakukandi Sub Bagian Tata Usaha Dan Kepegawaian Biro UmumSekretariat Daerah ProvinsiJawa Barat, diperolehbahwaEfektivitasKerjaPegawaimasihrendahterlihatdariindikatorkualitashasilkerja dan ketepatanwaktupenyelesaianpekerjaanpegawai yang masihkurang. Masalahtersebutdisebabkan oleh kurangnyainisiatif dan perbedaankemampuanpegawai yang masihrendahdalammenyelesaikansuatutugastertentu, sehinggaakanmenghambat proses dalammencapaitujuanorganisasi. Metodepenelitian yang digunakanpenelitiadalahmetodepenelitianasosiatifdenganmenggunakananalisiskuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakanyakni, studikepustakaan dan studilapangan. Studilapanganterdiridariobservasi non partisipan, melakukanwawancarakepadaKepala SubBagian Tata Usaha Dan Kepegawaian Biro UmumSekretariat Daerah ProvinsiJawa Barat sertamenyebarkanangketsebanyak 32 responden. Objekpenelitian pada penelitianiniadalahPengaruhKomunikasiTerhadapEfektivitasKerjaPegawaidi Sub Bagian Tata Usaha Dan Kepegawaian Biro UmumSekretariat Daerah ProvinsiJawa Barat. Teknik analisis data menggunakanrumus – rumus yang perhitungannyadenganmenggunakanbantuan SPSS (ststistical& product and service solutions). Penelitianinimengginakanteoritentangkomunikasi, efektivitasKerjaPegawaidan teori yang berhubungandenganpenelitian. Menggunakan data sekunderyaitumelaluidokumen – dokumensepertistrukturorganisasi, visi, misi, tugaspokokfungsi, rencanastrategi dan lain – lain. Hasil penelitian pada Sub Bagian Tata Usaha Dan Kepegawaian Biro UmumSekretariat Daerah ProvinsiJawa Barat menemukanhambatanyaitukurangnyaketerampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh pegawaimasihrendah di bidangnyamasing – masingdalammelaksanakanpekerjaan dan kurangnyainisiatifpegawaidalammenyelesaikanpekerjaan. Uasaha yang harusdilakukanuntukmengatasihambatantersebutdengancaramerubahpola piker yang dimiliki oleh pegawai agar tidakselalumenungguperintahdaripimpinanuntukmenyelesaikansuatupekerjaan dan meningkatkankemampuan yang dimiliki oleh pegawaimelalui Pendidikan dan pelatihan. Untukkoefisiendeterminasimenunjukanpengaruhsebesar0,769 atau Pyx = 76,9 %, terdapatpengaruh yang cukupkuatsehinggafaktor lain tidakdiukur dan tidakmempunyaipengaruh yang berarti. Kesimpulan yang dapatdiambilyaituberdasarkankriteriainterpretasikoefisiendeterminasimenunjukanbahwaterdapatpengaruhKomunikasiTerhadapEfektivitasdi Sub Bagian Tata Usaha Dan Kepegawaian Biro UmumSekretariat Daerah ProvinsiJawa Barat. Kata kunci :Komunikasi, EfektivitasKerjaPegawai