PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMA

Main Author: WIDA FARIDA, NPM : 158060011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/34053/1/ARTIKEL%20WIDAFARIDA.158060011.docx
http://repository.unpas.ac.id/34053/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmenerapkan model cooperative learning tipeteam assisted individualization (TAI) yang dapatmeningkatkankemampuanpenalaran dan komunikasimatematissertamengembangkanself efficacypesertadidikdalampelaksanaanbelajarmaupunhasildari proses pembelajaran. Penelitian yang digunakanadalahmixed methods (dipadukansecarakualitatif dan kuantitatif pada pengkorelasianantaravariabel), denganconvergen design di mana penelitisecarabersamaanmengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif, dan kemudianmenafsirkanhasilnyabersama-samauntukmemberikanpemahaman yang lebihbaik. Instrumen yang digunakanberupasoalteskemampuanpenalaran dan komunikasi, angketself efficacy, lembarobservasi guru dan pesertadidik, juga wawancara. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilaksanakansebanyak Sembilan kali pertemuan di kelas XI MIPA SMA Al Falah Kota Bandung menunjukkanbahwa : 1) penerapan model cooperative learningtipe Time Assisted Individualization(TAI) dapat meningkatkankemampuanpenalaranpesertadidik; 2) penerapan model cooperative learningtipe Time Assisted Individualization(TAI) dapat meningkatkankemampuankomunikasipesertadidik; 3) kemampuanpenalaran dan komunikasimatematisselamapembelajaranberlangsungdapatdiatasidenganbaik, dan adapeningkatan pada setiappertemuan; 4) perkembanganself-eficacypesertadidikselamaprosespembelajaranmatematikadenganpenerapanmodel cooperative learningtipe Time Assisted Individualization(TAI)berada pada kategorisedang,baiksecarakeseluruhanmaupunberdasarkandimensimagnitude, strength, dan generality; 5) terdapathubungan yang positifantarakemampuanpenalaran dan kemampuankomunikasimatematisdenganself efficacypesertadidik; 6) kendala yang dihadapipesertadidikdalammenyelesaikanteskemampuanpenalaran dan komunikasimatematisbisadiatasidalambataspencapaiankriteriaketuntasan minimal yang sudahditetapkan pada awalpenelitian dan didakanevaluasidalamsetiappertemuannya. Model cooperative learning tipeteam assisted individualization (TAI) dapatdijadikanalternatifdalampembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmatematisterutamadalammemecahkanmasalahmatematika, karenadengandiskusibisameningkatkankemampuanpesertadidiksertamerasayakindapatmenyelesaikannya. Kata Kunci : KemampuanKomunikasi, KemampuanPenalaran, Model Cooperative LearningtipeTeam Assisted Individualization (TAI), Self-Efficacy