Daftar Isi:
  • PermasalahdanpenelitianiniadalahbagaimanakualitaspelayananPuskesmasDerwati UPT Cipamokolan.Penelitianinibertujuanuntukmenggambarkandanmenganalisissejauhmanapelayanankesehatan di PuskesmasDerwati UPT Cipamokolan Kota Bandung. Metodepenelitian yang digunakanolehpenelitiadalahpenelitandeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniyaitustudikepustakaandanpenelitianlapangan yang terdiridariobservasidanwawancara.AdapuninformandalampenelitianiniadalahpenanggungjawabPuskesmasdanmasyarakat.DalampenentuankualitaspelayananPuskesmasDerwati UPT CipamokolanterdapatbeberapadimensimenurutZeitham.ml yaitu : tangibles, realiability, responsiveness, assurance, empathy. Hasilanalisispenelitimenggambarkanbahwakualitaspelayanan di PuskesmasDerwati UPT Cipamokolanterkaitfasilitaskesehatandankinerjapegawai di PuskesmasDerwati UPT Cipamokolan yang masihbelum optimal dalamfasilitaskesehatan yang kuranglengkapdanbangunan yang sudahtidakmemadai, laludalamkemampuanseorangpegawai yang masihmemegang 2 bidangpekerjaan yang dilakukanolehsatu orang (double job), sertadalam proses pelayanan disanaparapegawaimasihbelumdisiplinterhadapketetapandankecepatanwaktusaatmelakukanpekerjaan, setelahituparapegawaiPuskesmasDerwatiharuslebihmeningkakan jamterbangmengenaipelayanankesehatansehinggamasyarakattidakmemiliki rasa keraguandalamberobatkePuskesmasDerwati UPT Cipamokolan Kota Bandung. Kemudian yang terakhirdalamhalempatipegawaisudah optimal dalammemberikankualitaspelayanankesehatannamundenganjumlahpegawaikesehatan yang terbatasmengakibatkanempatiterhadapsemuapasien yang datangsedikitberkurang. Kata kunci :Kualitaspelayanan, PuskesmasDerwati