Daftar Isi:
  • Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Esteem Siswa SMA relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-Esteem siswa SMA adalah adalah Model MASTER. Tujuan penelitian ini untuk: 1)untuk mengetahui apakah peningkatan penalaran matematis siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran MASTER lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning; 2) untuk mengetahui apakah self esteem siswa SMA yang menggunakan model pembelajaran MASTER lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitan yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Maja. Adapun sampel dari penelitan ini adalah kelas X Ips 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Ips 3 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis siswa dan angket Self-Esteem. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji Two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft excel dan software IBM SPSS statistic 23.0 for Window. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peningkatan penalaran matematis siswa yang menggunakan model MASTER lebih tinggi daripada siswa yang mneggunakan model MASTER dengan pendekatan Discovery Learning, 2) peningkatan siswa yang menggunakan model MASTER lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model MASTER dengan pendekatan Discovery Learning. Dengan demikian model MASTER dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model pembelajaran MASTER, Penalaran Matematis, self-esteem.