PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA HUBUNGANNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK

Main Author: Asep Suryana, NPM. 158060047
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/33476/1/Artikel%20Jurnal-Rev1_Asep%20Suryana%20MPM%20-%20Copy.docx
http://repository.unpas.ac.id/33476/
Daftar Isi:
  • Penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, pemecahan masalah matematis serta hubungannya terhadap disposisi siswa SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan komponen-komponen pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis serta hubungannya terhadap disposisi matematis siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mixed Method (Metode Campuran) tipe The Embedded Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMKN 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi, pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori. Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi, pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis pada pembelajaran penemuan terbimbing. Kata Kunci: disposisi matematis, penemuan terbimbing, komunikasi matematis, pemecahan masalah matematis