PENGARUH PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP NILAI PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN PASIEN (Studi Pada Pasien BPJS dan Umum Rawat Jalan di RSUD Kabupaten Tasikmalaya)
Main Authors: | ANDRY SETIAWAN, LIM, NPM : 168020080, P1. Dr. H. Undang Djudju, SE.,MP, P2. Dr. H. Juanim, SE., M.Si |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/33194/1/Artikel%2C%20Jurnal%2C%20Andri%202018%20-%20Copy.doc http://repository.unpas.ac.id/33194/ |
Daftar Isi:
- Kesehatan merupakan investasi bagi masyarakat, sebab kesehatan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan oleh segenap masyarakat untuk dapat beraktifitas sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga. Namun bila kondisi kesehatan bermasalah bukan tidak mungkin seluruh harta dan kekayaan akan habis digunakan untuk memperoleh kesehatan tersebut. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan dengan dimensi keselamatan (safety), efektivitas (effectiveness), keadilan (equity), ketepatan waktu (timeliness), keberpusatan pasien (patient-centeredness) dan efisiensi (ef¬ficiency) masuk dalam kategori baik, begitu juga dengan nilai pelanggan dan kepercayaan pasien rawat jalan BPJS dan Umum di RSUD Kabupaten Tasikmalaya. Pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi efektivitas (effectiveness), keadilan (equity), ketepatan waktu (timeliness), keberpusatan pasien (patient-centeredness) dan efisiensi (ef¬ficiency) terhadap nilai pelanggan sebesar 84.77%. Nilai pelanggan berpengaruh terhadap kepercayaan pasien sebesar 85.38%. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Nilai Pelanggan, Kepercayaan Pasien