PEMBELAJARAN MENYAJIKAN GAGASAN KE DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI TENTANG KONDISI SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | GIYAN EKO RACHMANTO, 135030127 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/33171/1/cover%20skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/33171/3/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/33171/2/Bab%201%20siap.pdf http://repository.unpas.ac.id/33171/4/BAB%202%20siap.pdf http://repository.unpas.ac.id/33171/1/dapus.pdf http://repository.unpas.ac.id/33171/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Teks Eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan. Menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan menulis dan berkreasi. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik mengenai proses menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi dengan menggunakan model Example Non Example. Permasalahan saat ini ditandai oleh peserta didik yang sulit dalam menulis dan menyajikan suatu gagasan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi dengan menggunakan model Example Non Example. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,4; (2) Peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 mampu menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata tes awal yaitu sebesar 24,70 dan nilai rata-rata tes akhir sebesar 81,94. Jadi, adanya peningkatan 57,24; (3) Model Example Non Example efektif digunakan dalam model Example Non Example efektif diterapkan dalam pembelajaran menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi di kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 81,94 > 24,70 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 27. Berdasarkan fakta tersebut, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata kunci: Menyajikan, Model Example Non Example, Teks Eksposisi.