PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 BATUJAJAR

Main Author: MUHAMMAD YUSUF, NPM. 13802006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/3278/1/ARTIKEL%20TESIS%20A.N%20MUHAMMAD%20YUSUF%20MAGISTER%20PENDIDIKAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/3278/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru serta implikasinya kepada prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kabupaten Bandung Barat, dengan sampel sebanyak 51 orang guru, melalui metode kuantitatif deskriptif dan verifikatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Seluruh hipotesis yang diuji seluruhnya berpengaruh signifikan. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru 49,6%, pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru 32%, pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru secara keseluruhan sebesar 81,2% dan pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 82,0%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kinerja guru dan berimplikasi terhadap rendahnya prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Kinerja Guru, dan Prestasi Belajar Siswa