KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR
Daftar Isi:
- Berdasarkanpenelitian yang dilakukan di KecamatanTelukjambeTimurKabupatenKarawangdiperolehbahwakualitaspelayananmasihmengalamimasalahatauhambatan. Hal initerlihatdariindikatorkualitaspelayananseperti: BuktiFisik, Keandalan, DayaTanggap,Jaminan, Empati.Penelitimenyimpulkanhalinididugadandisebabkanoleh: kurangnyabahanpembuatanblangko E-KTP sehinggamenyebabkan para pemohonuntukmenunggulebih lama, kurangnyakesadaranpemohondanadanyakeluhanmengenaifasilitas yang didapatkan. DalampenelitianKualitasPelayanandi KecamatanTelujambeTimurKabupatenKarawang,penelitimenggunakanpenelitianteorimengenaiKualitasPelayanan. KualitasPelayananialahsetiaptindakanataukegiatan yang dapatditawarkanolehsuatupihakkepadapihaklain, yang padadasarnyatidakberwujuddantidakmengakibatkankepemilikanapapun. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifyaitumenggambarkandanmenganalisa data yang dilakukandengancaramengumpulkandata berdasarkankeadaan yang nyata. Pendekatan yang dilakukanpenelitiyaitupendekatankualitatif yangmerupakanpendekatan yang mempelajaridaritingkahlakumanusia, khususnya orang-orang yangditeliti. HasilpenelitianmenunjukkanKualitasPelayanandi KecamatanTelukjambeTimurKabupatenKarawangbelummemberikanpelayanan yang optimal danmengalamibeberapahambatan yang terjadi dilapangandilihatdarifaktor-faktor yang mempengaruhiKualitasPelayanansepertilangkanyablangkobahanpembuatan E-KTP, masihminimnyafasilitasruangtunggudantamu. KesimpulanpenelitianinibahwaPelayanansudahberjalancukupbaikwalaupunmasihbanyakhal yang perludiperbaikisepertikesadaranmasyarakatuntukmempersiapkansegala yangmenjadipersyaratanuntukmelakukansuatuurusanpelayanandansaranadanprasarana yang belumterpenuhisepertiruangtunggutamudanfasilitas yang dapatmenciptakansuasananyamanbagipemohonpelayanan agar target dankualitaspelayanan yang diinginkanbisatercapaidenganmaksimal. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan E-KTP