Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Fenomena Komunitas Mobil BMW E36 Di Kota Bandung”. Penelitian ini difokuskan untuk memahami fenomena komunitas mobil yang semakin berkembang pesat di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui begaimana fenomena gaya hidup, perilaku, dan eksistensis komunitas mobil BMW E36 ini bisa sangat berkembang di Kota Bandung. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori fenomenology oleh Schutz. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, komunitas mobil tidak hanya menunjukan hal negative saja, akan tetapi dapat memberikan contoh kepada masyarakat terutama pengendara roda empat agar lebih mengutamakan keselamatan. Hal ini dilihat berdasarkan komunitas mobil BMW E36 Owners Community Bandung yang sangat memperhatikan keselamatan. Setelah melakukan penelitian tentang fenomena komunitas mobil BMW E36 di Kota Bandung ini, peneliti menyarankan agar masyarakat tidak memandang negatif terhadap suatu komunitas mobil, Karena tidak semua komunitas mobil itu melakukan hal yang negatif.