Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning antara media video dengan torso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 18 Bandung dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang berjumlah 30 siswa setiap kelasnya.Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur ranah kognitif yaitu,30 soal pilihan ganda dan 2 soal essay. Dari hasil penelitian didapatkan niai rata-rata kelas eksperimen 1 pre-test (51,4) dan post-test (70,86) sedangkan kelas eksperimen 2 pre-test (57,36) dan post-test (75,6). Berdasarkan perhitungan uji t berpasangan dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh hasil kelas eksperimen 1 t hit (4,24) dan kelas eksperimen 2 thit (4,51) ≥ t tab (2,04), maka Ha diterima dan H 0 di tolak. Nilai N-Gain (0,413) dan (0,432) hal tersebut menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning antara media video dengan torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini merupakan efek positif dari model pembelajaran yang dikembangkan. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran,