Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini “PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI MANAJEMEN KELAS X IPS SMA NEGERI 1 KATAPANG TAHUN AJARAN 2016 – 2017”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan sekolah di SMA NEGERI 1 Katapang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui gambaran lingkungan sekolah di SMA Negeri 1 Katapang; 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Katapang; 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Katapang terhadap hasil belajar ekonomi kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Asosiatif Kausal (survey) dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan posttest soal essay. Uji instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji normalitas. Objek penelitian yaitu siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Katapang dengan jumlah 42 siswa. Hasil penelitian menunjukan yaitu: 1) Lingkungan sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk belajar bersama teman-temannya secara terarah guna menerima transfer pengetahuan dari guru yang berada pada kategori sangat baik, ditunjukkan dengan rata-rata bobot sebesar 4,09 dengan persentase sebesar 81,25%. Hal ini mengindikasikan bahwa hampir seluruhnya siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Katapang merasakan pentingnya lingkungan sekolah; 2) Hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi sub materi manajemen di kelas X IPS 3 SMAN 1 Katapang diketahui menujukan siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak 41 siswa dengan presentase 99,58 % dan siswa yang mendapat nilai dibawah KKM terdapat 1 orang dengan presentase 0,42 %; 3) Terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar manajemen di kelas X IPS 3 SMAN 1 Katapang. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang menyatakan kasus R sebesar 0,096 dan R Square 0, 009 yang berarti pengaruh lingkungan sekolah 9% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di dalam maupun di luar diri siswa dan lingkungan belajarnya. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar Siswa